Thursday, January 5, 2023

Mahasiswa Kecanduan Game, IP Anjlok

Tukisan dari Bapak Rinaldi Munir di Facebook, Mahasiswa perwalianku kecanduan main game dan sulit melepaskan diri dari ketergantungan main game. Tiap hari pasti main game minimal 4 jam.  Index Prestasi (IP) nya anjlok nggak karu-karuan. Tiap melihat laptop maka timbul keinginan main game lagi. Hal ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun. 

Dia sudah mencoba melepaskan ketergantungan main game dengan tidak memakai laptop sama sekali. Mengerjakan tugas lewat hape saja. Tapi cara ini tidak mungkin, karena mahasiswa informatika pasti tidak bisa dilepaskan dari laptop. 

Apa solusi lainnya? Saya tawarkan terapi ke psikolog sebagai alternatif. 



Tapi saya punya solusi lain yang lebih ekstrim. Saya suruh besok siang dia bawa laptopnya ke kampus. Saya akan uninstall aplikasi game tsb dari laptopnya. Lalu buat perjanjian untuk tidak akan install lagi (artinya tidak main game lagi). Fokus kuliah dan perbaikan nilai kuliahnya. 

Berhasilkah? Entahlah. Mudah-mudahan dia lebih menurut kepada saya. Karena ortunya juga sudah menyerah.

No comments:

Post a Comment